Dasar Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi (accounting system) adalah metode dan prosedut untuk mengumpulka, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi dan keuangan sebuah perusahaan. Sistem akuntansi bagi sebagian besar perusahaan lebih kompleks dibandingkan dengan system akuntansi (accounting system) . Sistem akuntansi mengakumulasikan dan melaporkan berbagai macam transaksi. Sebagai contoh, system akuntansu milik American Airlines mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang pemesana tiket, penagihan kartu kredit, perawatan pesawat terbang, jam karyawan, jumlah jam penerbangan, pemakaian bahan bakar, dan komisi agen perjalanan. Itu hanya sebagian sedikit informasi yang disebutkan. Anda tertentu mengerti bahwa system akuntansi American Airlines telah berkembang seiring dengan perusahaan yang terus berkembang. Dan akuntansi juga memiliki dasar sistem akuntansi.

Dasar sistem akuntansi berkembang melalui tiga langkah ketika perusahaan mengalami perkembangan dan perubahan. Langkah pertama dalam proses ini adalah analisisyang meliputi : 1) identifikasikebutuhan pihak-pihak yang membutuhkan informasi keuangan perusahaan dan 2) penentuan bagaimana sistema kan menyajikan informasi tersebut. Sekali sebuah system telah diterapkan, umpan balik, atau masukan dari pengguna informasi dapat digunakan untuk menganalisis dan memperbaiki system tersebut.

Pengendalian internal dan metode pengolahan dalam dasar sistem akuntansi dan merupakan hal yang mendasar dalam system akuntansi. Pengendalian internal (internal control) adalah kebijakan da prosedur yang melindungi asset perusahaan dari kesalahan penggunaan, memastikan bahwa informasi usaha yang disajikan akurat dan meyakinkan bahwa hukum serta peraturan telah diikuti. Metode pemrosesan merupakan sarana yang digunakan oleh sebuah system untuk mengumpulkan, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasu. Metode ini dapat bersifat manual dan komputerisasi.

Perusahaan-perusahaan menggunakan pengendalian internal untuk mengarahkan operasi mereka, melindungi asset, dan mencegah penyalahgunaan system mereka, sebagai contoh, asumsikan Anda memiliki dan menjalankan usaha jasa pembersih rumput halaman. Perusahaan Anda memperkerjakan beberapa karyawan dan Anda melengkapi masing-masing tim kerja dengan sebuah alat angkut dan pembersih rumput halaman. Isu apa sajakah yang akan Anda hadapi debagai manajer dalam mengendalikan operasi usaha ini? Dibawah ini adalah beberapa contohnya :

  1. Perawatan rumput halaman harus diberikan secara tepat waktu
  2. Perawatan rumput halaman harus memenuhi harapan para pelanggan
  3. Pekerja harus melaksanakan tugas mereka sesuai dengan kebutuhan jumlah jam yang telah dibayar.
  4. Perlatan untuk merawat rumput halaman hanya digunakan untuk kepentingan usaha.
  5. Alat angkut hanya boleh digunakan untuk kepentingan usaha
  6. Pelangan harus ditagih dan tagihan harus dikumpulkan sebagai bukti atas jasa yang telah diberikan/

 

Share Your Thoughts