Sistem Informasi Akuntansi

Tidak seperti mata kuliah akuntansi lainnya, system informasi (SI) tidak memiliki bidang pengetahuan tertentu yang mendapat kesepakatan bersama. Terdapat banyak pendapat yang berbeda mengenai apa yang dimaksud dengan SI dan apa bukan SI. Aplikasi SIA berbeda dari aplikasi system informasi lainnya berdasarkan kewajiban hokum dan professional yang dibebankannya pada pihak manajemen dan akuntan perusahaan. Pembebasan dari tanggung jawab iniĀ  membutuhkan pemahaman yang tepat atas tujuan dan fungsi SIA. Studi mengenai Sistem informasi akuntansi ini akan dimulai dengan :

Lingkungan informasi

Studi mengenai Sistem Informasi Akuntansi akan dimulai dengan mengenali informasi sebagai sumber daya bisnis. Sama dengan sumber daya bisnis lainnya-bahan buku, modal, dan tenaga kerja-informasi sangat penting bagi perusahaan modern untuk bertahan hidup. Setiap hari, banyak sekali arus informasi ke para pengambil keputusan serta berbagai pengguna lainnya untuk memnuhi berbagai kebutuhan internal. Selain itu, arus informasi juga keluar dari perusahaan ke pengguna luar, seperti pelanggan, pemasok dan pemegang kepentingan (stakebolder). Figur 1-1 menyajikan gambaran umum dari berbagai arus informasi (information flow) internal dan eksternal. Piramida pada figur 1-1 menunjukkan perusahaan dibagi secara horizontal menjadi beberapa tingkat aktivitas. Operasional bisnis membentuk dasar dari piramida tersebut.

Bagi banyak orang, istilah system (system) memunculkan gambaran mental mengenai berbagai computer dan pemrogramannya. Kenyataanya, istilah tersebut dapat diaplikasikan secara berlebiihatau lebih luas. Beberapa system terjadi secara alami, sementara lainnya merupakan buatan. Sistem alami berkisar dari atom system dari berbagai electron, proton, dan neutron, hingga alam semesta, system galaksi, binatang dan planet. Semua mahluk hidup, tumbuhan dan binatang adalah contoh dari system alami. Sistem buatan dibuat oleh manusia. Sistem ini meliputi banyak hal, mulai dari jam jam, kapal selam, system social, hingga sistem informasi akuntansi.

Darimanapun asalnya semua system informasi akuntansi memiliki beberapa elemen yang sama. Definisi berikut ini menjelaskan bahwa : system adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsu dengan tujuan yang sama. Definisi umum ini akan dianalisis lebih lanjut dalam bagian berikut untuk mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana definisi system diaplikasikan dalam perusahaan dan system informasi.

Banyak komponen. Sebuah system harus berisi lebih dari satu bagian. Contohnya sebuah yoyo yang dibuat dari kayu dan diselipkan sebuah tali adalah sebuah system. Tanpa tali tersebut yoyo itu bukanlah suatu system.

Berhubungan. Tujuan umum dari suatu system adalah menghubungkan berbagai bagian dari system tersebut. Meskipun tiap bagian berfungsi secara independen dari yang lainnya, semua bagian tersebut melakukan tujuan yang sama. Jika komponen tertentu tidak memberikan kontribusinya oada tujuan bersama, maka komponen tersebut bukanlah bagian dari system tersebut.

 

Share Your Thoughts